Daftar Obyek Wisata Museum di Jogja yang Terkenal - Bosan menjelajahi candi, goa, atau pantai yang ada di Jogja? Ingin menelusuri wisata seru yang lain? Seolah tak ada habisnya memanjakan para wisatawan, Jogja juga mempunyai deratan museum yang sangat terkenal dan menarik untuk dikunjungi. Nah, penasaran apa saja paket wisata jogja museum yang dimaksud? Berikut kami bagikan rekomendasi daftar wisata yang terkenal dan wajib banget masuk ke daftar list kunjungan liburan anda.

Museum Jogja Paling Recommended untuk di Kunjungi 


1. Museum Anak Kolong Tangga 

Salah satu museum yang terkenal di Jogja dan menarik untuk dikunjungi adalah Museum Anak Kolong Tangga. 

Jika anda berkunjung ke Museum Anak Kolong Tangga, anda akan melihat berbagai mainan anak yang ada di seluruh Indonesia dan sebagian besar mainan yang ada di museum ini adalah mainan tradisional yang pada dasarnya adalah mainan yang menyimpan sejuta cerita dan kebudayaan lokal yang sangat kental. Dan mainan-mainan tersebut merupakan hasil buatan tangan sendiri 

Anda penasaran kenapa nama museum ini dinamakan Museum Anak Kolong Tangga,? Ya, karena letaknya memang berada persis di kolong tangga. Museum ini memang merupakan tempat wisata anak di Yogyakarta.  Walaupun tempat wisatanya ditujukan untuk anak, tapi bagi anda yang sudah dewasa dan ingin bernostalgia karena rindu dengan mainan semasa kecil, mengunjungi museum ini adalah sangat tepat. 

2. De Mata Trick Eye 3D Museum 

Bagi Anda yang sedang mencari museum yang asik dan seru, maka Museum De Mata Trick Eye 3D adalah jawabannya. Museum ini terletak di Basement tepatnya di Gedung Umar Kayam, di XT Square, Jalan Veteran Umbulharjo Yogyakarta. 

Museum De Mata Trick Eye 3D ini merupakan museum 3 dimensi. Jika anda masuk ke dalamnya anda akan disuguhi dengan ratusan gambar serta lukisan yang bisa menipu mata anda. Soalnya lukisan tersebut seakan ingin keluar dari bingkainya. 

Berbicara mengenai koleksinya, koleksi di museum ini terbagi menjadi banyak kategori mulai dari kategori binatang, sirkus, tokoh, bahkan superhero, dan tentunya masih banyak kategori lainnya yang semuanya jauh dari kata tidak menarik. 

Bagi anda yang doyan selfie, berfoto-foto di museum ini dengan background gambar maupun lukisan tipuan mata, akan membuat hasil jepretan anda benar-benar keren dan membuat iri orang lain. 

Oh, ya, kabarnya, Museum De MataTrick Eye 3D adalah Museum 3 dimensi terbesar di dunia, loh. Kenapa? Karena koleksi di museum ini memang sangat banyak berbeda dengan museum 3D serupa di China, Jepang, Hongkong, Singapura, yang rata-rata hanya bisa memamerkan 70 lukisan tipuan mata dan gambar saja.  Sementara Museum De Mata Trick Eye mampu memamerkan karya 120 gambar dan lukisan 3D dengan ukuran ukuran yang berbeda satu sama lain 

3. Museum ullen Sentalu 

Museum selanjutnya yang tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Museum Ullen Sentalu. Museum ini adalah museum yang menampilkan budaya putri keraton di Yogyakarta, yang semasa hidupnya para putri putri keraton adalah para Pembatik Keraton. 

Dan saat ini berbagai batik yang telah mereka buat disimpan rapi di Museum ullen Sentalu. Jika anda berkunjung ke museum ini, anda akan tahu bagaimana para leluhur Jawa membuat batik, yang konon katanya memiliki makna filosofi yang mendalam pada setiap corak yang mereka buat. 

Tertarik? Anda bisa mengunjungi Museum Ullen Sentalu ini di daerah Pakem, Kaliurang, Yogyakarta. 

4. Museum Gunung Merapi 

Bagi anda yang ingin tahu mengenai segala informasi termasuk seluk beluk tentang Gunung Merapi, maka datanglah ke museum ini. Museum Gunung Merapi di resmikan 8 tahun silam tepatnya tahun 2010. Dan museum ini adalah salah satu tempat yang tak pernah sepi pengunjung. 

Bentuk bangunan Museum Gunung Merapi adalah berbentuk trapesium. Bentuknya memang sangat unik, terlebih salah satu sisi puncaknya terlihat mengerucut membentuk segitiga. 

Jika anda memasuki museum ini, anda akan disambut oleh replika sebaran awan panas yang diakibatkan dari 3 buah letusan gunung berapi yaitu pada tahun 2006, 1994, dan 1969. Dan alat tersebutlah yang mengakibatkan seluruh ruangan museum bergemuruh. Anda yang melihat dan merasakannya, dijamin akan dibuat terkagum-kagum. 

Jika anda pergi ke ruangan lain, anda akan menemukan koleksi foto Gunung Merapi dari satu zaman ke zaman yang lain. Semuanya dipajang dengan rapi dan anda bisa mengamati perubahannya dengan sangat mudah 

Tidak hanya itu anda juga akan menemukan berbagai tampilan letusan gunung berapi bahkan sejak tahun 1930. 

Museum ini mempunyai dua lantai. Di lantai satu, anda bisa mengamati koleksi-koleksi di Museum seperti yang sudah dibahas di atas. Sementara di lantai dua, anda akan menemukan berbagai alat peraga di sana dari mulai erupsi merapi, display letusan, lorong peraga simulasi LCD, bahkan peraga simulasi gempa dan tsunami. 

Masih ada lagi hal menarik lainnya? Masih ada, dong. 

Jika Anda masuk ke dalam teater mini, anda bisa beristirahat sejenak di sana sembari menyaksikan sebuah film pendek dengan judul Mahaguru Merapi 

5. Museum Pusat TNI AU Digantara Mandala 

Museum ini terletak di kompleks pangkalan udara Adisucipto, Yogyakarta. Jika anda berkunjung ke Museum Dirgantara Mandala, anda akan melihat banyak sekali tokoh-tokoh sejarah, serta diorama sejarah, yang akan membawa anda ke suasana TNI Angkatan Udara yang begitu kental. 

Atau jika anda ingin melihat pesawat tempur yang dipakai saat perang dunia kedua? Semuanya bisa ditemukan di museum ini. Mulai dari pesawat PBY-5A (Catalina), replika pesawat Wel- l, RI-X, Pesawat A6M5 Zero Zen yang dibuat oleh Jepang, juga pesawat-pesawat keren lainnya. 

Nah, demikianlah review singkat kami mengenai rekomendasi obyek wisata museum di Jogja yang terkenal dan sedang hits saat ini. Silahkan dipilih mana yang paling diminati.

0 comments:

Post a Comment