Sering disebutkan bahwa manusia saat ini hidupnya tak bisa dipisahkan dengan internet. Setiap hari, setiap waktu, atau mungkin bahkan setiap detik, manusia mengakses internet. Baik itu di rumah, di perjalanan, di kantor, dan di mana saja. Saking tergantungnya dengan internet, seseorang bisa merasa kesal hingga marah, ketika koneksi terganggu. Contohnya pulsa habis untuk online, jaringan terputus karena masalah tertentu, atau aktivitas jadi terganggu disebabkan smartphone yang lelet. Jika internet jadi lelet karena operator, solusinya hanya menunggu perbaikan dan bersabarlah. Namun, jika internet lelet karena smartphone atau gadget kamu, coba deh 5 trik di bawah ini.

Trik ampuh yang akan membuat koneksi internet anti lelet di gadget. Dengan begitu, kamu bisa lebih nyaman dan menyenangkan menggunakan internet sesukamu. Apa saja itu?

awareness
Sumber gambar: CSDNews.com

Bersihkan Aplikasi yang Tidak Digunakan

Secanggih-canggihnya gadget yang kamu gunakan, berlakulah bijak dalam penggunaan aplikasi. Maksudnya, unduhlah aplikasi-aplikasi yang memang kamu gunakan dan butuhkan. Jangan semua aplikasi diunduh dan membuat memori, serta RAM jadi penuh. Perlu kamu tahu, bahwa terlalu banyak aplikasi adalah salah satu faktor penyebab gadget jadi lelet.

Cek juga : Harga Samsung Galaxy Note 3

Untuk itu, sekarang coba bersihkan dulu aplikasi yang tidak digunakan di gadget. Kamu juga bisa menghapus aplikasi yang saat ini sudah jarang atau tak dibutuhkan lagi. Jika ada aplikasi yang diinginkan, silakan mencari dan mengunduhnya dengan paket internet terlebih dahulu di toko aplikasi terpercaya. Jika sudah coba cek, apakah jaringan internet di gadget masih lelet? 

Bila sudah lancar setelah dibersihkan, berarti penyebab internet lelet di gadget kamu adalah aplikasi yang terlalu banyak. Jika tidak, lanjutkan membaca trik-trik berikutnya.

Kosongkan Cache di Gadget Kamu

Cache yang memenuhi memori di gadget juga bisa memicu jaringan internet jadi lambat. Untuk itu coba cek cache di gadget kamu, lalu kosongkan. Kamu bisa menghapus cache ini secara manual di bagian pengaturan atau menggunakan aplikasi khusus penghapus cache. 

Beberapa aplikasi yang cukup efektif dan favorit antara lain ada, CCleaner, Clean Master, DU SPeed Booster & Cleaner, dan seterusnya. Aplikasi-aplikasi tersebut cukup ringan dan bisa diunduh gratis di Google Play Store. Nah, bila cache sudah dibersihkan, sekarang cek koneksi internet di gadget kembali, apakah sudah lebih baik atau belum.

Gunakan Browser Ringan dan Cepat

Sudah mencoba dua trik di atas, namun internet masih lelet? Bisa jadi penyebabnya karena penggunaan browser yang tidak tepat. Secepat apa pun koneksi internet yang digunakan, seperti paket internet Tri (3) 4G, tetap bisa lemot jika browser yang digunakan terlalu berat. 

Untuk itu gunakan browser yang ringan dan cepat untuk gadget kamu. Setelah itu, kamu bisa mengatur setting-nya dengan mengaktifkan mode teks only. Mode yang pas digunakan untuk kamu yang hanya membutuhkan informasi tertulis. Dengan cara ini, koneksi internet bisa lebih cepat.

Cek Pengaturan Jaringan di Gadget

Kamu juga bisa melakukan pengecekan pada pengaturan jaringan, bila internet menjadi lemot. Caranya, cukup masuk ke menu setting dan temukan sub menu mobile network settings. Kemudian cek jaringan dan pilihlah yang sesuai dengan gadget kamu.

Misalnya, smartphone kamu sudah mendukug 4G ready, maka gunakan jaringan 4G, agar internet lebih kencang. Sebelum itu, kamu perlu mengaktifkan jaringa 4G di operator yang sedang dipakai. Caranya dengan mengganti sim card lama dengan yang baru di gerai operator terdekat. Jika sim card, gadget dan pengaturan sudah 4G, kamu bisa menikmati internet super cepat sesuai keinginan.

Pilih Paket Internet yang Tepat

Hal terakhir yang perlu kamu pastikan, agar internet bisa kencang dan lancar ialah pilihan paket data. Gunakanlah paket data dengan kuota, fitur, dan bonusan sesuai kebutuhan. Contohnya, jika kamu pengguna Tri, bisa mengaktifkan PakeTri 4G On atau PakeTri Movie. 

Dua paket unggulan di jaringan 4G yang menjamin internet cepat dan bebas buffering saat streaming. Aktifkan paket internet Tri secara manual dengan top up saldo terlebih dahulu. Kamu juga bisa menggunakan cara cepat dengan membeli paket data langsung via Traveloka .

Bila ke lima trik di atas kamu terapkan, umumnya koneksi internet jauh lebih cepat dan kencang. Dengan syarat, masalahnya bersumber dari gadget, bukan dari jaringan operator. Internet yang cepat dan hemat, tentu idaman semua pengguna gadget. Untuk mewujudkannya, gunakanlah internet dengan bijak dan coba cara-cara di atas. 

Demikian trik ampuh yang akan membuat koneksi internet anti lelet di gadget . Semoga pembahasan ini bisa membantu dan bermanfaat! 

0 comments:

Post a Comment