Di era sekarang ini semakin banyak orang yang berkompetisi untuk membuka bisnis berbasis toko online atau online shop. Hal ini didasari oleh keuntungan yang cukup menggiurkan yang bisa diperoleh dari bisnis online shop ini. Prospek bisnis online shop pun juga meningkat dari tahun ke tahun, karena semakin kesini makin meningkat jumlah masyarakat yang melek internet. Akan tetapi, dibalik banyaknya cerita sukses para pebisnis online, tentunya tak sedikit para pelaku bisnis yang akhirnya menyerah dan berhenti di tengah jalan karena tidak mampu bersaing dan tidak laku produknya. Dan biasanya, salah satu penyebab terbesar dari kegagalan tersebut, karena minimnya trafik kunjungan ke website atau online shopnya. Karena seperti kita tahu, tanpa adanya pengunjung, bagaimana bisa produk yang Anda jual akan ada pembelinya?


Lantas bagaimana caranya agar trafik ke toko online Anda bisa meningkat dan cenderung stabil? Nah, berikut kami bagikan panduannya.

1. Penggunaan Media Sosial
Seperti yang kita tahu, saat ini penggunaan media sosial sudah amat sangat pesat, sehingga jarang ditemukan orang yang tidak mempunyai akun media sosial sebagai sarana berkomunikasi atau bersosialisasi. Dengan fakta tersebut, tentunya sebuah ide menguntungkan bila memanfaatkan akun media sosial sebagai sarana mempromosikan toko online yang Anda buat, supaya banyak pengguna media sosial yang berkunjung ke toko online anda.

2. Blogwalking
Blogwalking merupakan aktifitas mengunjungi website atau blog oranglain disertai dengan interaksi seperti memfollow website atau blog itu sendiri dan berkomentar didalamnya. Semakin sering Anda ber-blogwalking, maka semakin cepat pula terkenal website online shop Anda. Hal ini sudah tentu dapat menunjang naiknya trafik kunjungan pada online shop Anda.

3. Mendaftar Mailing List
Anda bisa mendaftarkan online shop Anda pada mailing list, buat Anda yang belum tahu, mailing list merupakan grup email dimana didalamnya banyak orang saling berinteraksi dan berkomunikasi. Miling list ini bisa Anda dapatkan di hampir semua jenis email yang tersedia

4. Aktif Dalam Forum Online
Akan lebih bagus jika Anda juga menggabungkan diri ke beberapa forum yang sudah terkenal lebih dulu seperti detik forum, kaskus, indowebster dan lain sebagainya. Aktif dalam forum online juga dapat memberikan backlink jika Anda berhasil mencuri perhatian di forum tersebut.

Setelah mendapatkan backlink, kemungkinan trafik website Anda bisa meningkat. Untuk memperlancar diskusi dan komjnikasi dalam forum tersebut, usahakan Anda mengikuti forum yang temanya benar-benar ada kaitannya dengan online shop Anda.

5. Menggunakan SEO (search engine optimization)
Search engine optimization merupakan metode pengoptimalan atau bisa juga untuk memaksimalkan posisi website online shop Anda di search engine dengan melalui serangkaian proses agar posisi website berada halaman pertama pencarian, sesuai kata kunci dari produk yang Anda jual. Anda bisa melakukan sendiri untuk teknik ini, namun jika anda tidak ada waktu mengerjakannya dan kurang mengerti tentang optimasi mesin pencari maka anda bisa menggunakan layanan jasa seo yang berada di Indonesia dengan harga variatif tergantung dari bisnis yang anda jual.

Misalnya Anda menjual bantal guling, maka targetnya jika kita ketik kata kunci bantal guling, yang muncul di halaman pertama adalah website Anda, lebih bagus lagi jika bisa berada di urutan paling atas, di halaman pertama tersebut.

Dengan berada dihalaman pertama, terlebih bisa di urutan paling atau atau page one, maka makin besar pula potensi pengunjung yang datang ke website Anda. Dan makin banyak pengunjung, pastinya makin besar pula peluang pembelian produk Anda.

Nah, demikian diatas beberapa cara yang bisa Anda coba terapkan untuk meningkatkan trafik kunjungan pada toko online (online shop) Anda.

0 comments:

Post a Comment