Makanan Khas Solo Surakarta

Makanan Khas Solo Surakarta - Halo kawan semua berjumpa lagi dengan saya, tahu tidak teman-teman makanan khas dari solo surakarta yang pastinya enak banget. Banyak juga ternyata makanan kuliner yang berasal dari solo jawa tengah. Yang merupakan kota asal saya dilahirkan dan dibesarkan, hehe. Menikmati keindahan kota solo di siang hari dan malam hari tentunya membuat suasana hati jadi senang dan gembira. Nih bagi yang seneng jalan-jalan jangan sampai tidak mencicipi makanan dari solo ya. Apa saja sih makanan khas solo itu? penasaran?. Yuk lanjut...!

Selat Solo
Selat Solo merupakan salah satu makanan kuliner khas solo yang terdiri dari daging yang diiris-iris tipis, ditambah dengan rebusan buncis, kentang, wortel, telur rebus, dan mayones, kemudian disiram kuah kecap encer.

selat solo


Nasi Liwet
Nah nasi liwet makanan yang paling saya suka, apalagi menikmatinya dipinggir jalan sambil melihat lalu lalang kendaraan. Nasi liwet adalah beras yang dimasak dengan santan dan kaldu ayam sehingga membuat nasi terasa gurih dan lezat. Nasi tersebut dicampur dengan sayuran jipang (labu siam) yang dimasak pedas, telur rebus, daging ayam yang disuwir, kumut (kuah santan yang dikentalkan). Rasanya yang gurih membuat para penikmatnya menjadi ketagihan.

Nasi Liwet


Nasi Tumpang
Nasi putih yang ditumpangi aneka sayuran rebus seperti bayam, taoge, dan kacang panjang lalu disiram dengan kuah kental. Kuah kental ini dibuat dari campuran santan dan tempe semangit yang dihaluskan. Dengan rasa pedas agak gimana gitu.

Nasi Tumpang


Soto Solo
Soto merupakan makanan pelengkap nasi yang diracik dengan bumbu-bumbu yang dipadukan dengan bahan-bahan seperti toge, kubis, dan mie putih. Kuah agak bening dan biasanya kalau makan nasi pakai soto bagi yang suka manis dikasih kecap. Wah malam yang dingin makan soto yang panas membuat badan terasa  hangat dan segar.

Soto Solo


Ketropak Mie Solo
Makanan ketoprak solo dengan daging, kuah, tempe, tahu, seledri, karak, mie, kol, tauge, kubis, kacang tanah, sosis solo basah, bihun. Tapi walaupun kuahnya dari rebusan daging, meskipun dibiarkan lama, kuahnya tidak mengendap atau mengental.

Ketropak Mie Solo


Pecel 
Nasi pecel yang nasinya berasal dari beras merah, berisikan dedaunan dan tanaman mulai dari jantung pisang, nikir, daun petai cina, bunga turi dan kacang panjang. Sambalnya ada dua pilihan, sambal kacang seperti pecel pada umumnya atau sambal wijen yang memiliki dua pilihan, wijen putih atau hitam.

Pecel

Wauh bikin ngiler tu makanan ya teman, kepingin nyicipi semuanya hehe, untuk sobat yang sedang ke solo jangan lupa ya mencicipi salah salah makanan yang enak diatas. Nggak bakalan nyesel lho, sudah enak harganya pas dikantong lagi. salam sukses blogger...!!
Share this article :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "Makanan Khas Solo Surakarta"

nitip link gan..
www.keripikpisangfernando.blogspot.com

Terima Kasih Sudah Berkomentar
 
Copyright © 2017 Ekowiner
Template By. Kunci Dunia
Back To Top