Pernahkah anda mendengar daun sirih? Banyak orang mengetahui daun sirih, dari warnanya yang hijau lebat dan lebarnya kurang lebih setelapak tangan. Khasiat dan Manfaat Daun Sirih bagi kesehatan sudah banyak dikenal orang. Daun sirih adalah sebagai tanaman obat yang dapat menyembuhkan berbagai jenis pernyakit. Orang-orang luar negeri telah menggunakan daun sirih sejak dahulu dan memang khasiatnya sudah terbukti melalui berbagai penelitian. Maka dari itu sampai saat ini daun sirih banyak dijadikan berbagai ramuan herbal untuk kesehatan.


Daun sirih merupakan salah satu tanaman herbal yang banyak digunakan sebagai bahan dasar berbagai obat-obatan. Hal ini tidak lepas dari kandungan daun sirih yang memang sangat bermanfaat dan bisa menyembuhakan bronkitis, diare, mimisan, jerawat, sakit gigi, organ pada wanita.  Daun sirih juga sering digunakan para ahli untuk sebagai campuran dalam pembuatan jamu tradisional. Daun yang satu dipercaya oleh kalangan masyarakat mempunyai multi fungsi dalam penyembuhan berbagai penyakit.


  • Untuk Bronkitis : Sediakan lima sampai enam lembar daun sirih lalu dipotong secara halus, kemudian rebus daun sirih dicampur dengan sedikit gula dengan air secukupnya. Diamkan dan biarkan sampai mendidih, lalu setelah mendidih saring air rebusan tersebut dan minum tiga kali sehari, masing-masing tiga sendok makan.
  • Untuk Mimisan : Bagi orang jawa dan sekitarnya daun sirih juga bisa menghentikan mimisan, yaitu darah yang keluar dari hidung. Caranya ambil selembar buah daun sirih gulung daun sirih untuk menyumbat hidung yang mimisan.
  • Untuk Sakit Gigi : Bila anda mengalami masalah sakit gigi, anda dapat menggunakan daun sirih sebagai alternatif untuk mengobatinya. Rebus daun sirih dengan air jangan terlalu banyak secukupnya saja. Biarkan sampai mendidih, setelah mendidih saring kedalam gelas atau wadah lainya. Lalu air saringan dari daun  sirih yang direbus tadi untuk berkumur sampai rasa sakit pada gigi hilang.
  • Untuk Diare : Sediakan daun sirih sebanyak empat sampai enam lembar , tambahkan 6 biji lada halus dan satu sendok makan minyak kelapa. Tumbuk hingga halus kemudian usapkan tumbukan daun sirih tadi ke perut dan ulangi sampai diare benar-benar mampet.
  • Untuk Jerawat : Daun sirih yang mampu untuk mengobati jerawat pada wajah, caranya dengan membuat ramuan herbal sebagai krim jerawat. Haluskan beberapa daun sirih dan aplikasikan pada bagian wajah yang ada jerawatnya. Lalu bilaslah dengan air hangat sampai bersih, untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam memerangi jerawat lakukan secara rutin ya sobat.

Selain manfaat diatas daun sirih juga mempunyai manfaat bagi wanita yaitu mengobati gatal pada alat bagian kewanitaan yang dikarenakan kuman dan bakteri. daun sirih mempunyai kandungan minyak atsiri, antiseptic, anti jamur, dan antioksidan yang dimiliki mampu mengatasi kuman, bakteri dan jamur.

Manfaat daun sirih lainya yaitu dapat mengatasi keputihan pada wanita, keputihan yang abnormal merupakan salah satu yang juga dapat menyebabkan gatal dan bau tak sedap pada bagian kewanitaan. Keputihan yang sering di alami oleh wanita adalah keputihan normal, tetapi tidak jarang juga yang mengalami keputihan abnormal. Daun sirih dengan kandungan alaminya dapat membantu mengatasi masalah keputihan. Caranya yaitu masaklah daun sirih dicampur dengan kunyit, kemudian mencuci bagian kewanitaan dengan air rebusan daun sirih dan kunyit tadi.

Nah itulah beberapa manfaat daun sirih bagi kesehatan, mungkin masih banyak lagi lainya manfaat dan khasiat dari daun sirih ini. Semoga informasinya dapat membantu bagi kawan semua yaa...! sukses semuanya..

0 comments:

Post a Comment